Clubbing? Boleh ga sih?

Disclaimer : Ini murni hasil pergumulan gw dengan Tuhan. No offense ya bagi yang ga setuju dengan artikel ini.

Bulan lalu, baru aja ada festival musik terbesar di Asia Tenggara. Yep, DWP!

Tahun ini gw kelas 12, tahun terakhir di SMA. Banyak temen-temen gw yang tahun ini ikut DWP. Gw udah banyak denger berita-berita negatif soal DWP, tapi gw juga ngerti kalo sebenernya DWP ini music festival. Cuma ya, di dalemnya agak-agak mirip dugem.

Gw jadi mikir, boleh ga sih anak Tuhan ikut DWP?

Pertanyaan itu jadi merambat ke pemikiran-pemikiran lain. Boleh ga sih clubbing? Boleh ga sih minum tapi ga sampe mabok (karena di Alkitab tertulis jelas kalo mabok tuh gaboleh)? Boleh ga sih pake bikini? Dan “boleh ga” lainnya.

Gw google, rata-rata jawaban yang gw dapet tuh “jangan, soalnya di Alkitab giniginigini”, tapi ternyata ayat yang dipake juga ayat yang terlalu luas, ga spesifik. Gw ga puas sama jawaban itu.

Gw diskusi juga sama temen gw, dan temen gw bilang “boleh”, karena waktu perjamuan kudus juga minum anggur. Masih ga puas juga gw sama jawabannya.

Gw mikir, baca-baca artikel, cari-cari ayat, sampe akhirnya suatu hari Tuhan kasih hikmat.

Tuhan kita bukan Tuhan yang “ini boleh, itu gaboleh.” Tapi, kita dikasih freewill, dikasih kebebasan buat mikir, “pantes ga sih anak Tuhan ngelakuin ini?”

Dengan modal kalimat ini, gw ngebayangin kalo anak-anak Tuhan party di club. Dan menurut gw, no. Anak Tuhan harusnya menerangi kegelapan, bukan malah bersatu dengan yang gelap. Gw sama sekali gaada niat ngejudge temen-temen yang enjoy clubbing. Clubbing emang ga salah kalo di sana kita cuma have fun, dance, nikmatin musiknya. Yang salah adalah, di dalamnya deket banget sama hal-hal negatif, kayak narkoba, mabok-mabokan, pergaulan bebas, dll. Nah karena udah punya konotasi negatif kayak gitu, walaupun kalian ga ngapa-ngapain pun orang udah mikirnya negatif duluan. Bahkan bisa muncul omongan, “orang Kristen kok gini sih?”.

Itu kan kata orang aja, yang penting gw bisa jaga diri.”

Yha, kita hidup di dunia, ga bisa terus-terusan ga peduli sama apa kata orang. Kalo kata-kata orang bikin kita jadi ga berkembang ya emang jangan didengerin. Tapi kalo kata-kata orang bikin kita jadi punya “nama” yang buruk, masa mau didiemin? Kita harus jadi garam dan terang, jangan jadi serupa dengan dunia.

“Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

-1 Korintus 10:23-

Pemikiran ini bikin gw jadi punya mimpi. Gw pengen suatu saat nanti, ada tempat buat menampung “energi berlebih” dari anak-anak muda, tapi dengan kegiatan yang positif, misalnya praise worship dengan aransemen yang asik, atau mungkin ke olahraga, dance, dan lainnya.

Yup, gitu aja yang mau gw sampein di post ini. Sekali lagi gw minta maaf kalo menyinggung beberapa pihak. Cari terus kehendak Tuhan dalam hidup kita. Apa yang Tuhan mau kita lakukan, dan apa yang Tuhan ga mau. Pererat hubungan pribadi dengan Tuhan.

Happy (late) new year! Have a blessed year and God bless you 🙂

Leave a comment